Minggu, 29 Januari 2017

Pew ewsearch

Tidaklah berlebihan, bila kita menyebut media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan. Terutama bagi sejumlah orang, belum lengkap rasanya kalau tidak mengunggah atau menuliskan setiap hal yang dialami, ke media sosial.
Motifnya beragam. Ada yang memang ingin sekadar berbagi pengalaman, tetapi, diakui atau tidak, ada yang ingin mencari popularitas, misalnya ingin mendapat banyaklikes, komentar, atau angka sharesyang tinggi.
Beberapa pengguna media sosial, khususnya remaja, tampak tidak menyadari informasi yang mereka bagikan, bisa saja digunakan untuk tindakan pencurian identitas dan penipuan. Laporan Pew Research Center mengungkapkan, sekitar 92 persen remaja menuliskan nama asli, 82 persen lainnya mencantumkan tanggal lahir, dan 71 persen sisanya menunjukkan kota tempat tinggal mereka di profil media sosial mereka.
Sementara kebiasaan membagikan informasi secara berlebihan telah menjadi permasalahan, perlu diketahui, sebaiknya kita mesti bijak dalam beraktivitas di media sosial. Kita harus pandai memilah dan memilih apa saja yang hendak kita unggah ke media sosial. Terlebih, bila informasi yang hendak diunggah itu menyangkut privasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar