Rabu, 03 Agustus 2016

SEJARAH GAME ONLINE sumber:https://wicethe.wordpress.com/sejarah-game-online/

SEJARAH GAME ONLINE

sumber:https://wicethe.wordpress.com/sejarah-game-online/
Sejarah game online inilah perjalanan sejarah game online permainan daring dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).
Permainan daring benar-benar mengalami perkembangan setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.
Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770)
Permainan daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Dalam permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Permainan daring bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya.
AYO GAN DI BACA. kasi coment ya:D :D :D !!!!!

PERKEMBANGAN GAME ONLINE DI INDONESIA
Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online yang hadirl di Indonesia:
Nama Games    Muncul Tahun    Pemegang Lisensi    Tipe Game    Tipe grapis    Status
Nexia    2001    BolehGame    RPG    2D    Ditutup thn 2004
RedMoon    2002    –    RPG    2,5D    Ditutup thn 2005
Laghaim    2003    Boleh Game    RPG    3D    Ditutup thn 2006
Ragnarok    2003    Lyto    RPG    3D    Masih
GunBound    2004    Boleh Game    Action RPG    3D    Masih
Xian    2004    Boleh Game    Strategy RPG    3D    Masih
Risk Your Life    2004    Dream Web Tech    Action RPG    3D    Masih
Tantra     2004    Playon    RPG    3D    Masih
Survival Project    2004    Playon    RPG    2D    Ditutup thn 2006
GetAmped    2005    Lyto    RPG    2,5D    Masih
Stargate    2005    Borneo X    RPG    2D    Ditutup thn 2006
TS    2005    Global World Technology    RPG    2D    Ditutup thn 2008
O2jam    2005    Infomedia Nusantara    Musical    3D    Masih
Pangya    2005    Boleh Game    Sport    3D    Ditutup thn 2008
Knight    2005    Infomedia Nusantara    RPG    3D    Ditutup thn 2007
Vital Sign    2005    –    FPS    3D    Ditutup thn 2007
SEAL    2006    Lyto    RPG    3D    Masih
RAN    2006    Jaspace    RPG    3D    Masih
Deco    2006    Playon    RPG    3D    Masih
AyoDance    2006    Maxus Infotech    Musical    3D    Masih
DOMO    2007    Datakom Wijaya Pratama    RPG    3D    Masih
Angle Love    2007    WaveGame    RPG    3D    Masih
Rising Force    2007    Lyto    RPG    3D    Masih
Ghost    2007    Kreon    RPG    2D    Masih
Selain game diatas, ada juga game-game seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire, Need For Speed Series yang juga banyak menyita perhatian para gamer di Indonesia walaupun tidak sebesar game – game yang disebutkan diatas. Contohnya Countersrtike lebih lancar dimainkan pada mode LAN dibandingkan internet karena latencynya yang besar dan servernya kurang cepat sehingga sewaktu bermain game ada jeda membuat gamers menjadi tidak nyaman, begitu juga halnya dengan Warcraft dan Age of empire.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar